Cara Membersihkan File Lainnya di Xiaomi

ViralBBY – Smartphone Xiaomi Anda lemot karena terlalu banyak Cache atau File Sampah? tenang saja sob! karena pada artikel ini kami akan memberikan tutorial cara membersihkan file lainnya di Xiaomi dengan mudah.

Beberapa pengguna handphone Xiaomi sering mengeluh karena memori hp tersebut penuh yang dikarenakan besarnya file lainnya. Jika anda termasuk pengguna Xiaomi yang juga mengeluh karena adanya masalah pada memori, mungkin anda juga memiliki pertanyaan yang sama dengan pengguna handphone Xiaomi lainnya.

Anda dan juga beberapa pengguna lainnya pasti bertanya – tanya mengapa memori hp Xiaomi ini cepat penuh karena file lainnya yang begitu besar padahal anda dan pengguna lainnya tidak merasa menginstal banyak aplikasi.

Semua handphone juga pasti memiliki berbagai file serupa yang sama di handphone Xiaomi, namun di hp Xiaomi ini disebut dengan sebutan file lainnya.

Jika anda masih belum mengerti tentang file lainnya dan bagaimana cara membersihkan file lainnya di Xiaomi, simak dan cermati lah artikel ini sampai selesai.

Penjelasan Tentang File Lainnya

Bagi anda yang masih bertanya – tanya tentang file lainnya, file lainnya adalah sebuah berkas yang tidak termasuk kategori umum seperti video, gambar, dokumen, dan lainnya yang digunakan oleh handphone Xiaomi karena file lainnya ini memiliki format yang berbeda.

File lainnya ini memiliki berbagai jenis berbagai berkas mulai dari file sampah, file unduhan, sampai OBB untuk game yang belum dihapus ataupun dipindahkan. File lainnya ini dapat berisi data penting maupun data yang tidak digunakan.

File dengan bentuk OBB termasuk dalam file penting karena file ini bukan berupa file yang dapat dibuka begitu saja oleh penggunanya seperti dokumen atau video pada umumnya. Jadi, file lainnya ini berbeda dengan file sampah yang biasanya muncul saat aplikasi sering digunakan oleh pengguna.

Jika kamu memang ingin menghapus file lainnya tersebut untuk mengosongkan ruang penyimpanan, maka akan lebih baik jika kamu melihat satu per satu isi dari file lainnya tersebut terlebih dahulu, jangan langsung menghapusnya secara bersamaan.

Hal itu di lakukan untuk menghindari data aplikasi yang masih digunakan tehapus. Jika data aplikasi yang masih digunakan tersebut terhapus, maka akan mengakibatkan anda harus mengunduh ulang lagi agar bisa digunakan kembali.

3 Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Dengan Mudah

Anda bisa menggunakan berbagai cara menghapus file lainnya di Xiaomi dengan melihat langkah – langkah di bawah ini.

  1. Menggunakan Deep Clean dari MIUI Security

  • Anda bisa menjalankan aplikasi MIUI Security yang sudah terpasang di hp Xiaomi anda.
  • Kemudian tekan Deep Clean dari jajaran menu yang sudah ada.
  • Setelah itu, silahkan tunggu hingga proses pencarian selesai.
  • Akan muncul beberapa file yang membuat ruang penyimpanan penuh.
  • Silahkan tekan Clean Now.
  • Selanjutnya pilih file yang ingin anda hapus.
  • Lalu tekan Delete Selected File untuk memulai proses penghapusan.

Sudah dijelaskan diatas bahwa file yang di tampilkan akan berbagai macam baik itu file penting maupun tidak penting. Oleh karena itu, anda perlu memastikan mana file yang perlu dihapus dan file yang tidak dibutuhkan oleh aplikasi yang sering digunakan dengan cara anda melihat nama file tersebut.

Baca Juga: Cara Mengganti Nama Email di HP Xiaomi

Terutama bagi anda yang sudah menginstal banyak game, maka file unduhan dari game yang anda instal tersebut juga akan muncul dalam file lainnya di halaman tersebut. Tidak hanya itu, namun juga dengan file yang telah anda instal dari internet yang kemudian masuk ke dalam folder Download. Maka itulah pentingnya memeriksa file yang dihapus dan yang bersifat tidak penting ataupun jika ada file yang bersifat ganda.

  1. Hapus Berkas File Ganda

  • Anda perlu mendownload aplikasi FX File Explorer dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi setelah terpasang.
  • Kemudian masuk ke menu Cleaning Tools.
  • Selanjutnya pilih menu Remove Duplicates.
  • Silahkan tekan file untuk melihat informasi lebih lanjut.
  • Tekan ikon bergambar tong sampah.
  • Setelah itu, file yang ganda akan dihapus secara otomatis.

Namun, sebelum anda menghapus semua file tersebut, anda dapat melihat file ganda yang ada jika anda masih ragu untuk menghapusnya atau tidak.

  1. Copot Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pasti anda memiliki aplikasi yang sudah tidak digunakan, maka lebih baik jika anda menghapus aplikasi tersebut untuk mengosongkan ruang penyimpanan hp anda.

Kesimpulan

Dmikianlah cara membersihkan file lainnya di Xiaomi, semoga cara tersebut membantu anda yang ingin mengosongkan ruang penyimpanan dengan cara yang mudah dan file cache bisa bersih lagi.

Tinggalkan komentar